Sunday, April 15, 2012

Cara membuat widget atau sidebar blog menjadi dua kolom

Membuat widget atau sidebar blog menjadi dua kolom maksudnya adalah seperti kasus blog saya ini, sobat bisa perhatikan bagaimana saya membuat satu widget menjadi dua bagian, dengan demikian  bisa membuat sidebar blog lebih hemat dan sedikit rapi.


Sobat tertarik ingin mencoba? lanjutkan..

Membuat membuat widget atau sidebar blog menjadi dua kolom sangat mudah, sobat hanya perlu menambahkan sedikit kode html. Tenang, saya tidak mengajarkan html karena sobat pasti tidak mau, yang penting bagaimana bersihnya. hehe..

Nah, dalam widget tersebut saya menambahkan kode tabel sehingga menjadi dua kolom dan diikuti script widgetnya. Adapun langkah - langkah pembuatan yang saya lakukan seperti sidebar blog saya ini adalah :

1. Pastinya sobat login ke blog --> Rancangan --> Add Gadget --> PilihHTML/JavaScript

2. Copy kode-kode HTML berikut :


<table border="0" width="300">
<tr bgcolor="#FF6C74"><td align="center"><b>JUDUL 1</b></td><td align="center"><b>JUDUL 2</b></td></tr>
<tr><td align="center">KODE JUDUL 1 DISINI</td><td align="center">KODE JUDUL 2 DISINI</td></tr>
</table>
<table border="0" width="300">
<tr bgcolor="#FF6C74"><td align="center"><b>JUDUL 3</b></td><td align="center"><b>JUDUL 4</b></td></tr>
<tr><td align="center">KODE JUDUL 3 DISINI</td><td align="center">KODE JUDUL 4 DISINI</td></tr>
</table>


Keterangan :

  • Perhatikan kode warna merah, angka 300 adalah lebar tabel. Sobat sesuaikan dengan lebar sidebar blog.
  • Kemudian kode warna biru adalah untuk judul-judulnya, sobat bisa ganti sesuai keinginan sobat disini saya menggunakan 'statistik' dan 'alexa' SERTA 'pagerank' dan 'rantop'.
  • kode yang ditandai dengan warna kuning tersebut adalah backgrounnya silahkan ganti dengan warna yang sesuai dengan warna blog sobat. LIHAT KODE WARNA HTML DISINI

3. Paste di dalam kotak HTML/JavaScript tadi.

4. Selesai, dan Save.. 

4 comments :

  1. sip makasih yah saya terbantu dengan script anda
    mampir ya sob ke blogku :)

    ReplyDelete
  2. Info yg bermanfaat...
    1 follow teh tertancap
    follow back bro demi silahturahmi,
    Thx U

    ReplyDelete
  3. Thanks tutor dan code scriptnya .. sangat membantu .. Bila tidak keberatan " Join this site / folback ya ..

    Salam

    ReplyDelete
  4. udah gue coba dan work

    visit balik ya http://madereastu.blogspot.com/

    ReplyDelete

--=SILAHKAN BERKOMENTAR=--

Berikan Saran Dan Pendapat Sobat, Syukur - Syukur sobat mau menjadi FOLLOWERS blog ini, HEHEHEHEEE...
Saya Mohon Maaf Bila Dalam Penulisan Artikel Diatas Ada Kalimat atau Kata Yang Salah.. (<> , <>)

JANGAN BERKOMENTAR SPAM .!!!!

TERIMAH KASIH