Thursday, May 31, 2012

Cara menginstal Linux Menggunakan Flashdisk

Setelah sekian lama ngak posting kali ini RAZZOR akan kasih tau gimana cara nginstal OS LINUX dengan menggunakan flashdisk. OKKKE LANGSUNG AJA...
UNeetbootin
UnetBootin adalah aplikasi open source yang berfungsi membuat bootable Live USB untuk berbagai distribusi Linux. Sehingga kita bisa menjalankan linux langsung dari USB Flashdisk untuk melakukan pemasangan Distro Linux ke Komputer/Netbook yang tidak terpasang Drive Optic CD/DVD, kelebihan lainnya adalah kita bisa mencoba Distro Linux tanpa memerlukan hardisk dan tidak mengganggu sistem atau data yang ada di hardisk.

Aplikasi ini bisa dijalankan di Windows 2000/XP/Vista atau linux.

Selain itu, kita juga bisa menambahkan berbagai plugins lainnya. Selengkapnya tentang cara penambahan plugins, bisa dibaca di http://unetbootin.wiki.sourceforge.net/useplugin

Cara Penggunaan
UNetBootin, menyediakan fitur untuk langsung download Linux dari internet atau menggunakan file ISO (CD Image) yang sebelumnya sudah kita unduh. Flashdisk diperlukan berukuran 1 GB atau lebih besar dan menggunakan format file system FAT32. Untuk Sistem Operasi Windows Aplikasi ini tidak perlu di install, tetapi bisa langsung dijalankan saja.

Sebelum Anda mempraktekkan tulisan saya ini ada beberapa yang harus di persiapkan terlebih dulu diantaranya:
  1. Flashdisk 2 GB atau lebih besar lebih baik.
  2. ISO/CD distro Linux BlankOn yang harus Anda Unduh terlebih dulu bagi yang belum memiliknya (tidak harus BlankOn bisa juga distro lainnya).
  3. Unetbootin yang bisa Anda Unduh di situs resminya berikut ini: http://unetbootin.sourceforge.net/

Pertama Format Flashdisk Anda dengan jenis FAT32, jika Anda memakai Flashdisk yang sudah ada isinya, silakan backup dulu isinya ke hardisk atau ke media simpan lainnya dengan cara Salin-Tempel.

Format Flashdisk Anda
Klik dua kali file unetbootin-windows-568.exe telah Anda Unduh sebelumnya, atau Anda juga bisa melakukannya dengan cara Klik Kanan File unetbootin-windows-568.exe ->Open (hasilnya sama saja)

Tidak beberapa lama akan keluar tampilan Unetbootin, karena kita akan membuat Live USB dengan menggunakan ISO Distro Linux yang sudah kita Unduh sebelumnya klik saja menu yang ada tititk disebelah kanan “Diskimage” jangan lupa perhatikan juga bagian “Type” pastikan disitu sudah benar pilih “USB Drive” begitupun pada bagian “Drive” Anda harus benar-benar diperhatikan jangan sampai salah pada Flashdisk lainnya yang terpasang pada komputer (jika hanya 1 Flashdik yang terpasang gak bakalan salah), saya sarankan lebih baik jika ada beberapa Flashdisk yang terpasang silakan dilepas saja.

Lakukan pencarian pada folder kita meletakkan File ISO Distro Linux yang telah kita miliki, setelah ketemu klik “Open” jika keluar tampilan seperti saat pertama kita menjalankan Unetbootin klik saja “Ok”

Tidak beberapa lama kemudian akan tampil halaman proses Ekstrak ISO Distro Linux tersebut ke dalam Flashdisk yang kita miliki, lama proses yang dibutuhkan tergantung dari spesifikasi komputer yang kita miliki.


Akhirnya Proses pembuatan Live USB pada Flashdisk selesai juga, Jika Anda ingin melanjutkan pekerjaan dengan menggunakan OS yang sekarang Anda pakai silakan klik “Exit” tapi kalau Anda sudah tidak sabar untuk mencoba Live USB Flashdisk yang kita buat tadi silakan klik “Reboot Now” maka secara otomatis Komputer akan restart.



Agar bisa menjalankan Live USB Flashdisk yang kita buat tadi silakan Setting BIOS Anda dengan USB FDD sebagai urutan pertama (tidak mutlak USB FDD, tergantung jenis Motherboard dan BIOS yang Anda pakai).



Dalam praktek pembuatan Artikel ini saya memakai Komputer dengan sepesifikasi sebagai berikut:
  • Motherboard: LGA (soket 775)
  • Processor: Dual Core E5300
  • RAM Memori: 2x512 MB (DDR2)
  • Flasdisk: 4 GB (merk rahasia)
  • OS: Windows XP SP3 bajakan (milik costumer)
  • Untuk mengambil gambar tangkapan layar saya menggunakan tombol Printscreen dan saya paste ke dalam GIMP for Windows selanjutnya saya Simpan sebagai PNG.

Sedangkan untuk melakukan posting saya memakai Distro Linux BlankOn, dengan beberapa aplikasi yang sudah terpasang secara otomatis, misalnya, untuk Edit Gambar saya menggunakan GIMP, untuk menulis artikel secara offline menggunakan LibreOffice Writer dan untuk posting ke blog menggunakan Browser Chromium.


Indek:
Unduh: Download
Salin-Tempel: Copy-Paste
Simpan Sebagai: Save As

4 comments :

  1. Akan lebih baik lagi jika Anda menyantumkan link ke penulis aslinya : http://imgos-belajarlinux.blogspot.com/2012/03/membuat-flashdisk-menjadi-bootable-pada.html

    Setidaknya Anda akan belajar menghargai hasil karya dan jerih payah orang lain.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. thanks gan buat informasinya salam sukses

    rajalistrik.com

    ReplyDelete
  3. mantap dah artikelnya kawan
    http://acemaxs31.com/obat-herbal-hernia-ampuh/

    ReplyDelete
  4. thanks buat infonya gan,, good job

    http://goo.gl/NQSzZm

    ReplyDelete

--=SILAHKAN BERKOMENTAR=--

Berikan Saran Dan Pendapat Sobat, Syukur - Syukur sobat mau menjadi FOLLOWERS blog ini, HEHEHEHEEE...
Saya Mohon Maaf Bila Dalam Penulisan Artikel Diatas Ada Kalimat atau Kata Yang Salah.. (<> , <>)

JANGAN BERKOMENTAR SPAM .!!!!

TERIMAH KASIH