Selasa, 15 Mei 2012

Tips menghindari Penyakit Terlalu Lama Didepan Komputer

Tips Menghindari Penyakit Mata Akibat Komputer – Kita semua tahu bahwa duduk di depan komputer sepanjang hari itu tidak sehat. Hal ini dapat mengakibatkan sakit kepala, pandangan kabur dan kelelahan. Secara psikologis, terlalu banyak di depan komputer membuat kita lelah secara mental dan lebih mudah tersulut emosi negatif.

Keluhan yang terjadi diatas menurut Wikipedia disebut sebagai “Computer Vision Syndrom” atau CVS. CVS adalah suatu kondisi sementara akibat dari memfokuskan mata tanpa interupsi pada layar monitor pada rentang waktu tertentu. Beberapa gejala CVS adalah sakit kepala, pandangan kabur, sakit leher, mata merah, kelelahan, mata tegang, mata kering, mata iritasi, pandangan ganda, poliopia dan kesulitan memfokuskan mata kembali. Berikut ini adalah

Menurut Dr. Jeffrey R. Anshel, ahli mata dari Amerika Serikat, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari CVS. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Atur jarak monitor anda

Buka sebuah dokumen atau website atau apapun yang anda gunakan setiap hari. Lalu mundurlah ke belakang sampai dokumen tersebut tampak kabur. Hitung jaraknya lalu bagi tiga. Jarak mata anda ke monitor seharusnya sejauh itu. Dengan jarak yang optimal, mata anda tidak mudah lelah dan tegang.

Atur ketinggian monitor dan tampilannya

Untuk kenyamanan mata yang maksimum, tempatkan monitor anda lima hingga tujuh inchi dibawah batas pandangan horizontal anda. Ketika anda memandang dengan kepala tegak, pastikan anda hanya melihat bagian atas monitor anda saja. Selain itu atur juga kecerahan monitor anda sehingga sama dengan ruangan sekitarnya. Hal ini akan mengurangi ketegangan mata dan kelelahan.

Gunakan penerangan dalam ruang yang baik

Hindari bekerja di ruangan dengan lampu terlalu terang karena akan membuat mata anda lelah. Pilih lampu dengan cahaya yang cukup dan tidak menyilaukan. Pastikan monitor anda tidak memantulkan cahaya lampu tersebut. Selain itu juga jangan bekerja di ruangan yang gelap dengan hanya monitor anda satu-satunya sumber cahaya. Ini akan membuat mata anda cepat lelah sehingga produktivitas anda menurun.

Jangan membelakangi atau menghadap jendela

Cahaya yang berlebihan atau silau adalah penyebab terbesar ketegangan mata pada pengguna komputer. Jika tidak bisa dipindahkan, gunakan tirai atau korden untuk mengatur cahaya yang masuk dari jendela. Jangan lupa tambahkan lapisan anti-glare pada layar monitor anda.

Istirahat sebentar tidak membuat anda miskin

Mata tidak didesain untuk melihat sesuatu pada jarak dekat berjam-jam pada satu waktu tanpa jeda. Gunakan aturan 20/20/20: Istirahat 20 detik setiap 20 menit dengan memfokuskan pada obyek dengan jarak sedikitnya 20 kaki (6 meter). Pastikan mata anda terus bergerak saat melihat obyek pada macam-macam jarak. [Diterjemahkan bebas dari: TheNextWeb]

Dengan mengikuti tips diatas, sangat besar kesempatan mata kita tetap sehat. Saya sendiri sudah mencobanya dan merasakan efeknya cukup positif. Setidaknya sakit di leher sangat berkurang setelah seharian berada di depan komputer. Tips ini berguna bagi blogger atau orang yang setiap hari di depan komputer dalam waktu yang lama. Jangan sampai kesibukan anda mencari uang membuat anda mengorbankan kesehatan mata anda. Apa gunanya mendapatkan uang banyak namun juga harus pergi ke dokter? Bagaimana dengan anda?

0 komentar :

Poskan Komentar

--=SILAHKAN BERKOMENTAR=--

Berikan Saran Dan Pendapat Sobat, Syukur - Syukur sobat mau menjadi FOLLOWERS blog ini, HEHEHEHEEE...
Saya Mohon Maaf Bila Dalam Penulisan Artikel Diatas Ada Kalimat atau Kata Yang Salah.. (<> , <>)

JANGAN BERKOMENTAR SPAM .!!!!

TERIMAH KASIH